Pencapaian Publikasi Mahasiswa Ilmu Hukum Fakultas Syariah & Hukum, UIN Bandung.

Pendahuluan

Mahasiswa Ilmu Hukum di Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung telah mencatatkan pencapaian luar biasa dalam bidang riset hukum. Riset-riset yang dihasilkan oleh para mahasiswa berhasil diterbitkan di sejumlah jurnal nasional bereputasi, menandai komitmen mereka terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan kontribusi positif terhadap masyarakat.

Keberhasilan Riset di Jurnal Nasional Bereputasi

Para mahasiswa Ilmu Hukum UIN Bandung telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam menjalankan riset hukum yang berkualitas. Hasil-hasil riset mereka tidak hanya mencapai standar tinggi, tetapi juga berhasil dipublikasikan di beberapa jurnal nasional bereputasi. Keberhasilan ini menjadi bukti konkret bahwa UIN Bandung tidak hanya menjadi lembaga pendidikan, tetapi juga pusat riset yang menghasilkan karya-karya ilmiah yang bernilai.

Pencapaian tersebut menjadi langkah signifikan bagi mahasiswa Ilmu Hukum UIN Bandung dalam meningkatkan visibilitas dan kontribusi mereka terhadap perkembangan ilmu hukum di Indonesia. Publikasi di jurnal nasional bereputasi menjadi bukti bahwa riset-riset yang dihasilkan tidak hanya memiliki relevansi akademis tetapi juga dampak praktis yang dapat memberikan solusi atau pandangan baru terhadap isu-isu hukum yang sedang dihadapi oleh masyarakat.

Ucapan Syukur dan Dedikasi

Dalam meraih pencapaian ini, ucapan syukur tidak hanya tertuju kepada rekan-rekan sesama mahasiswa, dan pihak-pihak terkait di FSH UIN Bandung. Ucapan syukur menjadi ungkapan terima kasih atas dukungan, bimbingan, dan suasana akademis yang mendukung mahasiswa Ilmu Hukum dalam menjalankan riset mereka.

Keberhasilan ini juga mencerminkan dedikasi mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan, keinginan untuk terus belajar, dan semangat untuk memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan masyarakat dan bangsa. Pencapaian ini tentu menjadi kebanggaan bersama dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus mengejar prestasi di bidang riset.

Kaitannya dengan Konsep Merdeka Belajar

Mata kuliah yang berorientasi pada proyek dan penelitian ilmiah, sejalan dengan inisiatif “Merdeka Belajar” di Indonesia, memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan teori ke dalam praktik nyata, mengembangkan keterampilan kritis seperti pemecahan masalah, penelitian, dan kolaborasi. Pendekatan ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan dunia nyata dan kebutuhan industri, mendukung pengembangan kreativitas, inovasi, dan kemandirian, yang merupakan elemen kunci dalam menciptakan pembelajar sepanjang hayat yang adaptif dan kompeten.

Tujuan Riset Mahasiswa dan Harapan Kedepan

Riset hukum yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Hukum UIN Bandung tidak hanya bertujuan untuk memenuhi tugas akademis, tetapi juga sebagai bagian dari upaya mereka untuk menghadirkan kontribusi nyata di bidang hukum. Tujuan riset ini tidak hanya sebatas akademis, melainkan mengarah pada pemecahan masalah konkret yang dihadapi masyarakat.

Dengan terbitnya hasil riset di jurnal nasional bereputasi, harapan kedepan adalah semakin banyak mahasiswa yang terinspirasi untuk melakukan riset yang berkualitas dan mampu menghasilkan solusi konkret bagi permasalahan hukum yang ada. Di samping itu, diharapkan pula bahwa pencapaian ini dapat memicu peningkatan kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan pihak industri untuk mendukung riset yang lebih berdaya guna.

Kesimpulan

Pencapaian mahasiswa Ilmu Hukum UIN Bandung dalam bidang riset hukum, yang diikuti dengan terbitnya hasil riset mereka di jurnal nasional bereputasi, adalah bukti nyata dari dedikasi, kerja keras, dan semangat mahasiswa untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Melalui pencapaian ini, diharapkan bahwa semangat riset dan pencarian pengetahuan akan terus berkembang di kalangan mahasiswa, membawa manfaat positif bagi ilmu hukum dan masyarakat luas.

Berikut daftar mahasiswa yang telah berhasil mempublikasikan hasil penelitianya:

PERIODE 2022-2023

  1. Raihan Andhika Santoso
  2. Fasa Muhamad Hapid
  3. Encep Mindar R
  4. N Santi Novia
  5. N Santi Novia
  6. Hanipah
  7. Makhyatul Fikriya
  8. Nurirvan Mulia Putra Ahmad
  9. Fahmi Ihsan Margolang
  10. Ania Oktaliana
  11. Ania Oktaliana
  12. Saskia Fazrin Khoirunnisa
  13. M Zainu Rasyid Syidik
  14. Ransya Ayu Zulvia
  15. Suci Nurlaeli
  16. Muhammad Fauzan
  17. Lintang Bunda yanti
  18. Cici Adelia
  19. kayla zevira alfasha
  20. velvi Arsita suandi
  21. Novita Ardiyanti Ningrum
  22. Matahari Yonagie
  23. Marisa Puspita
  24. Nurul Hasanah
  25. Nandhika Fajar Prasetya
  26. Cecep Galih
  27. Makhyatul Fikriya, Santi, Gildan 

PERIODE 2024

  1. Rina Nurjanah
  2. Raffi Rizqullah Pratama
  3. Siti Rahmah Nurul Aulia
  4. Rahma Zahrani
  5. Terisa Methania
  6. Yovansyah Fauzan Kurniawan
  7. Muhammad Shoumi Aditya
  8. Neli Zakiyatun Nufus
  9. Najma Fauziyah Rabbani 
  10. Sinta
  11. Mizan Al-Qisti Noor Ramadhan
  12. Dicky Dikrillah Syarif
  13. Mohammad Fedra Ridho Kamal
  14. Risyan Satria Putra
  15. Salsya Tasyuah Azzahra
  16. Rifki Syahnakhri
  17. Suci Emilia Fitriani
  18. Suci Emilia Fitriani
  19. Inka Rosellia Paradikma
  20. Hansa Mutia Zakiyah
  21. Dypta Rizky Elmanda Putra
  22. M. Rizky Fahrezy
  23. Faturohman Faturohman
  24. Muhammad Ar Rafii
  25. Fitri Andiani
  26. Agil Hadziq
  27. Nadira Syawaliyah Nurfaedah
  28. Aam Munawar Yasin
  29. Alif Luqman Farras
  30. Rangga Basqian
  31. Alvito Raihandany
  32. Vina Fauziah
  33. Wilda malika
  34. Melinda Roliana
  35. Elsa Pandia
  36. Wina Nuraeni
  37. Rifa Laila Syarifatul M
  38. Wilda Malika Mufrihah
  39. Moch. Regia Assidiq Hidayat
  40. Encep Mindar R (SINTA 4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *